INFO DESA EKSEKUTIF

BEGINI CARA KADES TIRTO ASRI LIBATKAN MASYARAKAT BANGUN JALAN DESA

Laporan : Jaringan Berita SMSI

Editor : Ismail Abas

“Keterlibatan masyarakat pada pembangunan  sangat penting, selain mereka bisa mendapatkan upah, masyarakat pun bisa mengawasi secara langsung pekerjaan yang ada di Desa”

TIRTO ASRI (GOL.INFO) – Dana Desa 2019 telah bergulir ke masing- masing Desa yang di wilayah Kabupaten Pohuwato. Salah satunya Desa Tirto Asri yang mendapatkan dana desa tersebut.

Tak ingin berlama-lama, Pemdes Tirto Asri langsung melaksanakan pembangunan jalan tani dengan panjang 1300 m, dan pagu dana sebesar Rp 130.000.000. Jalan tersebut di bangun untuk akses ke lahan pertanian masyarakat. 

Pekerjaan jalan pun melibatkan masyarakat sebagai pekerja.

Hajir Towalu, Kades Tirto Asri mengungkapkan, diperkirakan pekerjaan jalan ini akan memakan waktu 7 hari. Selain melibatkan masyarakat,  Pemerintah desa juga menggunakan alat berat untuk pengerasan serta mobil untuk mobilisasi timbunan.

“Keterlibatan masyarakat pada pembangunan  sangat penting, selain mereka bisa mendapatkan upah, masyarakat pun bisa mengawasi secara langsung pekerjaan yang ada di desa, ” jelas Hajir, Selasa (21/05/2019).

Hajir mengaku, dalam pelaksanaan pembangunan jalan ini tidak sedikit hambatan yang dihadapi oleh pemerintah desa. Hambatan tersebut antara lain soal lahan yang di lalui oleh jalan. Namun dengan negosiasi pemerintah desa dan masyarakat pemilik lahan hambatan tersebut bisa di atasi.

“Alhamdulillah semuabhambatan dapat dilalui. Sehingga pekerjaan ini mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat, ” ungkap Hajir,  seraya menambahkan bahwa dalam pekerjaan ini pula, Anggota Polsek dan ketua BPD turut melakukan langsung pekerjaan ini.@GOL/Jundi.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button