Tak Berkategori

(Kado HUT ke – 46th) SYARIF MBUINGA, POLITISI YANG MERANGKUL

Foto :(Humas_Pemkab)

Oleh : Ismail Abas

Jauh dari upaya pengkultusan atau bahkan pula menaikan pamor dan citra seorang Syarif Mbuinga. Tulisan ini dibuat sebagai kado di HUT ke -46 Bupatiku.

Seperti dua sisi mata uang, membicarakan Kabupaten Pohuwato tidak akan pernah tuntas tanpa membicarakan sosok Syarif Mbuinga. Ini mungkin hanya sebuah adagium, akan tetapi adagium ini akan menemukan pembenarannya jika kita membaca ulang sejarah perjuangan pemekaran Daerah paling barat di Provinsi Gorontalo ini. Kita akan disodorkan dan disuguhkan dengan sebuah fakta bahwa Syarif Mbuinga adalah salah satu aktor utama dalam sejarah perjuangan tersebut.

Terlepas dari semua itu, sebagai seorang politisi, Syarif Mbuinga telah memenuhi persyaratan ideal setidaknya ditinjau dari dua dimensi yakni kekuatan sosial dan basic intelektual. Tak dapat dipungkiri bahwa pencapaian karir politik yang gemilang seorang Syarif Mbuinga tidak lepas dari pengaruhnya sebagai kader Partai Golkar. Partai Golkar adalah sebuah partai besar dengan basis masa yang sangat besar. Sebuah mesin politik yang telah teruji ketangguhan dan kehandalannya.

Fakta lain juga menunjukkan bahwa pencapaian karir politiknya yang gemilang turut dipengaruhi oleh sosok pribadinya itu sendiri. Syarif Mbuinga adalah sosok yang sangat merakyat. Dia dikenal dekat dengan berbagai kalangan, baik kalangan elit politik hingga lapisan masyarakat bawah. Ia juga dikenal sangat dekat dengan mahasiswa. Maka tidaklah mengherankan jika pada Pemilu tahun 2004 perolehan suaranya menembus angka BPP.

Sukses ini kembali ditorehkannya pada Pemilu tahun 2009. Dan mencapai puncaknya pada Pilkada tahun 2010 mengalahkan para pesaingnya dan menghantarkannya menjadi orang nomor satu di Pohuwato hingga saat ini bertahan dua periode.

Kelebihan Syarif Mbuinga sesungguhnya terletak pada kemampuannya dalam penguasaan basis sosial kemasyarakatan. Ia memiliki kepedulian yang tinggi dan tanggap terhadap persoalan yang menyangkut kepentingan masyarakat. Sikap tersebut tetap terjaga dan terpelihara meskipun dengan kedudukannya yang sudah berada pada level elit politik Gorontalo.

Catatan berbagai prestasi gemilang dari seorang Syarif, sejak masih duduk sebagai Ketua DPRD Pohuwato kala itu hingga menjadi Bupati dua periode saat ini (baca : Ditangan Syarif Pohuwato Melejit), tentulah bukan hal yang tersaji begitu saja tanpa perjuangan dan kerja keras, melainkan berproses secara alamiah dalam rentang waktu yang tidak singkat. Proses alamiah ini yang kemudian membentuk kematangannya sebagai seorang politisi.

Pengalamannya terlibat dalam berbagai pergolakan dan pergulatan politik telah menempanya menjadi sosok memiliki kekuatan logika, ketajaman analisis, wawasan yang luas, ketahanan mental dan kematangan emosional. Hal ini bisa dilihat dari lontaran pikiran dan tindakan – tindakannya. Langkah politiknya sangat taktis, terukur dan terarah. Gagasan – gagasannya cerdas, ide – idenya atau sekedar percikan pikirannya selalu mampu menginspirasi banyak orang.

Syarif adalah tipologi politisi yang selalu memandang persoalan secara holistik. Sehingga persoalan seberat apapun ditangan seorang Syarif Mbuinga akan terselesaikan dengan tuntas. Satu hal yang menonjol dan tidak dimiliki oleh semua politisi adalah kemampuannya dalam merangkul dan mempersatukan berbagai kekuatan sosial masyarakat. Sikapnya yang luwes dan tegas dalam prinsip membuatnya mudah diterima disemua kalangan bahkan oleh lawan – lawan politiknya sekalipun. Karena kemampuan dan talenta yang mumpuni itulah seorang Syarif Mbuinga mampu menjalankan tugas – tugas politiknya dengan baik.

Dengan talenta dan berbagai torehan prestasi politik yang cukup spektakuler tersebut, maka tidak berlebihan jika kita semua bisa menaruh harapan optimisme bahwa sosok Syarif Mbuinga kelak akan mampu membawa perubahan besar bagi kepemimpinan di Bumi Hulondhalo yang kita cintai iniā€¦
‘Wallahu A’lam Bishawab’….!!!!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button