POHUWATO LEGISLATIF

PKS Merapat ke Demokrat, Bentuk Satu Fraksi di DPRD Pohuwato

MARISA (GOL) – DPRD Pohuwato berhasil membentuk lima fraksi sebagai salah satu Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Fraksi tersebut terdiri dari tiga fraksi utuh yakni fraksi Golkar, fraksi PKB dan fraksi Gerindra. Sedangkan dua fraksi lainnya yakni fraksi gabungan PDIP – PPP – PAN, serta fraksi gabungan PKS – Demokrat.
Lima fraksi ini selanjutnya akan disahkan dalam rapat paripurna internal.

Anggota legislatif dari partai PKS, Izhul Otan Mamu, ketika diminta keterangannya menyampaikan, pihaknya sengaja membentuk satu fraksi gabungan bersama partai Demokrat. Selain karena atas izin dan petunjuk dari Allah SWT, juga dalam rangka memberikan ruang demokratis dalam AKD itu sendiri. Serta sarana untuk berjuang dalam menyuarakan aspirasi rakyat lewat fraksi.

“Kami memang memilih membentuk satu fraksi dengan bergabung bersama partai Demokrat. Agar demokratisasi ditubuh DPRD tetap kelihatan, dan tidak ada yang mendominasi,” tukasnya.

Lebih lanjut menurut Otan, pembentukan satu fraksi gabungan ini pula demi memenuhi kebutuhan fraksi yang disyaratkan harus ganjil. Sehingga, nanti dalam setiap pengambilan kebijakan di DPRD tidak berakhir seimbang dalam suara fraksi.

“Ini juga dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan fraksi di DPRD yang tidak boleh genap jumlahnya, melainkan harus ganjil,” imbuhnya.

Otan berharap, melalui pembentukan fraksi ini, akan terjadi keseimbangan dalam pemikiran, ide, gagasan dan konsep dalam memperjuangkan aspirasi rakyat. Sehingga, keberadaan fraksi tidak hanya besar dalam jumlah, melainkan juga bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga keberadaan kami di fraksi ini dapat memberi nilai tambah dalam perjuangan aspirasi rakyat,” pungkasnya. (@/jundi)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button