POHUWATO EKSEKUTIF

Antisipasi Dampak Kemarau, Pemkab Gelar Karhutla

MARISA (GOL) – Antisipasi terhadap dampak kekeringan di Wilayah Pohuwato, Pemkab menggelar rapat Koordinasi Antisifasi Kebakaran Hutan dan Lahan ( Karhutla), Rabu (4/9), di Ruang pola kantor Bupati

Rapat dipimpin Asisten bidang Pemerintahan, Fittser Mohune, didampingi Kepala BPBD, Ramon Abjul. Dihadiri sejumlah unsur diantaranya serta Basarnas, Polres Pohuwato, OPD terkait, Direktur PDAM, serta camat se Kabupaten Pohuwato.

Fitser Mohune mengatakan, rapat ini penting, sebab dalam menghadapi musim kemarau yang sejak bulan Juli, Agustus hingga masuk minggu pertama bulan September. Maka diharapkan, semua stekholder yang terkait dengan pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan bisa berperan aktif dalam menghadapi musim kemarau.

Hal senada disampaikan Kepala BPBD, Ramon Abdjul. Ia mengungkapkan, rapat ini merupakan tindak lanjut surat dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional kepada seluruh Badan penanggulangan bencana daerah kabupaten dan kota tentang antisipasi dampak musim kemarau.

Khusus di Provinsi Gorontalo kata Ramon, masih berada pada posisi menengah akan terjadinya bencana, sementara untuk wilayah kabupaten pohuwato terdeteksi titik panas berada di kecamatan Patilanggio.

“Hingga saat ini berdasarkan pengamatan dari BPBD kabupaten Pohuwato bahwa air sungai tinggal 30 % dari normal, jika musim kemarau berlanjut pada 1 bulan kedepan akan mengakibatkan kekeringan dan berdampak serius kepada masyarakat,” terangnya.

Olehnya itu lanjut Ramon, perlu dicarikan solusi akan dampak kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Pohuwato. “Rapat ini bagian dari koordinasi untuk mencari solusi tersebut,” pungkasnya. (@/jundi)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button