INFO DESA EKSEKUTIF

Cegah Kebakaran Hutan Dan Lahan, Pemdes Maleo Gelar Sosialisasi

MARISA (GOL) – Pemerintah Desa Maleo Kecamatan Paguat melalui Forum Pencegahan dan Penanggulangan Bencana menggelar Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan, di Aula Kantor Desa Maleo, Selasa (10/9/2019).

Dihadiri Sekcam Paguat, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Satuan Pemadam Kebakaran Kabupaten Pohuwato, BKSDA, Kepala Desa Maleo, serta masyarakat setempat.

Ketua Forum Penanggulangan Bencana, Jundi Dai tak lupa mengucapkan terima kasih atas suport dan dukungan dari Pemerintah Daera Pohuwato melalui Bupati Syarif Mbuinga.

” Alhamdulillah kegiatan ini sebelumnya telah di komunikasikan dengan pemerintah daerah dalam hal ini bapak Bupati dan beroleh respon yang baik. Terima kasih pak Bupati,” ujar jundi.

Senada dengan itu, Kepala Desa Maleo menyampaikan penghargaan dan rasa syukur atas respon OPD terkait yang telah bersedia memberikan materi tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan di desa maleo.

“Saya berharap masyarakat dapat mengikuti materi dengan baik. Dan memberi esensi tersendiri bagi mereka,” harapnya.

Sementara itu, Kepala BPPD Pohuwato, Ramon Abjul mengaku bangga dan presiatif terhadap ide Pemerintah Desa melalui forum penanggulangan bencana yang telah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat tentang pencegahan bencana.

“Atas nama pemerintah daerah, saya selaku kepala badan mengapresiasi kegiatan yang di laksanakan oleh pemerintah desa maleo bekerja sama dengan forum penanggulangan bencana,” terangnya.

Ramon Abjul, menambahkan kegiatan ini sangat bernilai positif.
“Semoga desa lainnya yang berada di wilayah Pohuwato yang rawan bencana kebakaran dapat mengikuti kegiatan seperti yang kita laksanakan hari ini,” imbuhnya.

Seperti diketahui Pemerintah Daerah kabupaten Pohuwato telah mengeluarkan edaran intruksi sebagai tindaklanjut Itruksi Presiden dalam musyawarah pimpinan daerah yang disampaikan melalui kepala badan penaggulangan bencana (BNPB) dan surat menteri dalam negeri Republik indonesia  nomor 365/7310/sj tanggal 1 agustus 2019 tentang antisifasi dampak kekeringan di daerah serta upaya pencegahan terhadap ancaman bahaya kekeringan kebakaran hutan dan lahan serta kebakaran permukiman di kabupaten pohuwato.

Dimana di intruksikan untuk :

a) Larangan membakar hutan dan lahan kepada masyarakat

b) Meningkatkan sistem peringatan dini dititik daerah rawan kebakaran hutan dan lahan

c) Menyiapkan anggaran biaya peralatan dan operasional pencegahan kebakaran hutan dan lahan pada APBD dan APBDes

d) Seluruh camat dan kepala desa /lurah mensosialisasikan bahaya kebakaran hutan dan lahan

e) Melakukan koordinasi secepatnya dengan instansi terkait jika terjadi bahaya kebakaran. (@/tim_gol)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button