KONTROL

Aliansi Mahasiswa Pohuwato Tolak RKUHP Dan UU KPK

MARISA (GOL) – Ratusan Mahasiswa Pohuwato yang terorganisir dalam aliansi Mahasiswa Peduli Bangsa Indonesia (AMPIBI) yang merupakan gabungan dari beberapa Organsiasi Mahasiswa yaitu Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah (IMM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Pohuwato menggelar aksi parlemen jalanan sebagai bentuk penolakan terhadap RKUHP dan Rancangan Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (RUUKPK) pada Rabu (25/9).

Aksi yang dimulai pada pukul 09.00 Wita sampai dengan pukul 14.00 Wita tersebut diawali di depan Kampus Universitas Pohuwato, dilanjutkan di simpang empat blok plan dan berakhir di kantor Dewan Perkwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pohowato.

Yusuf Abjul Ketua Umum PMII Cabang Pohuwato yang juga salah satu koordinator aksi dalam orasinya menyampaikan RKUHP ini dianggap merugikan banyak kalangan salah satunya adalah adanya salah satu pasal yang dinilai memberikan batasan terhadap kebebasan pers. Sedangkan dalam RUU KPK dianggap melemahkan KPK.

Aksi yang mendapatkan pengawalan ketat dari Pihak Polres Pohuwato tersebut berlangsung aman dan terkendali.

Aksi diakhiri dengan pembacaan petisi yang berisi tiga point utama yaitu : 1. Menolak RUKUHP dan RUUKPK; 2. Meminta presiden untuk membuat PERPPU KPK karena dianggap dan dinilai melemahkan kerja KPK dalam memberantas tindak pidana Korupsi; 3. Meminta ketua DPRD untuk menyurati pemerintah pusat (presiden) dan menyatakan sikap untuk menolak RUKUHP dan RUUKPK.

Aksi ini mendapat respon positif dari Ketua DPRD Kabupaten Pohuwato, Rizal Pasuma. Rizal berjanji akan menindaklajuti apa yang menjadi aspirasi dari AMPIBI.

Terkait dengan petisi yang akan di tandatangani oleh pihak DPRD, Ia menyampaikan bahwa hal itu akan dirapatkan bersama seluruh fraksi guna membahas aspirasi itu. Kemudian akan menyampaikan langsung kepada pemerintah pusat atau presiden dalam jangka waktu dua kali 24 jam. (Gol_pian)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button