PROVINSI

Ketua SMSI Bahas Independensi Pers Dalam Pengawasan Pemilu

Laporan : Jarber SMSI

GORONTALO, (GOL) – Independensi tugas jurnalis selalu dipertaruhkan dalam melakukan pengawasan, baik tugas eksekutif, legislatif dan yudikatif termasuk Bawaslu dalam tugasnya sebagai lembaga pengawas pemilu.

Hal ini ditegaskan Ketua SMSI Gorontalo Mahmud Marhaba, dalam agenda soaialisasi penyusunan model pengawasan partisipatif oleh Bawaslu, di Horison Hotel, Kamis (17/10).

Digambarkan Mahmud, dalam tugasnya Pers berada dalam bingkai aturan yang berfokus pada uu pers no 40.

Sehingga ulas Ketua Dewan Kehormatan PWI Gorontalo, tugas jurnalis dalam melaksanakan pengawasan harus tetap berpijak pada jalur independensi.

Meskipun misalnya kata Mahmud, tugas pengawasan pers dalam penyelenggaraan pemilu, sering mendapat tekanan, yang merasa kuat dengan dalih tidak akan digunakan bila yang bersangkutan menang pileg atau pilkada.

Ini kata Mahmud yang juga ahli pers dari Dewan Pers Gorontalo tersebut, menjadi momok para jurnalis menjalankan tugas dalam bingkai independensinya.

“Inti nya, dalam bingkai Pemilu, pers mengawasi Bawaslu untuk menjalankan tugasnya. Sehingga profesional iyaa nya terjamin. Sebaliknya, Bawaslu mengawasi pers dalam hal konten penayangan berita dan waktu tayang iklan,” tutupnya. (@/tim_gol)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button