POHUWATO EKSEKUTIF

Cakades Torsiaje Dan Bunteng Ikut Seleksi Tambahan

POHUWATO (GOL) – Dua desa dari 14 desa yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 10 desember mendatang ,mengikuti Seleksi Tambahan Calon Kepala Desa.

Seleksi dibuka Wakil Bupati Amin Haras, pada Rabu 13 november 2019, bertempat di ruang pola kantor bupati.

Sebagaimana regulasi, ketika pencalonan kades terdapat calon yang lebih dari yang ditentukan harus dilakukan seleksi tambahan untuk menetapkan sesuai dengan jumlah calon yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

“Ini adalah perintah undang-undang dan bukan kemauan pemerintah daerah dalam melakukan seleksi ini, karena calon lebih dari lima orang maka daerah wajib melakukan seleksi.

Kata Wabup Amin, pada seleksi tambahan ini panitia betul-betul independen, karena kebanyakan dari unsur luar pemerintah yang menguji para calon tersebut. Untuk tim penguji terdiri 5 orang, masing-masing 4 dari akademisi dan praktisi di luar pemerintahan dan satu orang dari birokrasi yakni Assisten Pembangunan, Rusmiyati Pakaya.

“Semua akan ditentukan oleh bapak-bapak, artinya hasilnya nanti merupakan kerja dari para calon, sehingga itu tolong kalau sudah ditetapkan oleh panitia maka sudah itu hasilnya. Karena panitia desa menyerahkan ke pemda dan oleh pemda ada panitia yang melihat siapa yang jadi rangking 1 sampai seterusnya sesuai dengan hasil kerja dari para calon itu sendiri,” tegasnya.

Wabub Amin Haras berharap agar para peserta seleksi lanjutan dapat menerima hasil seleksi yang di lakukan pada hari ini

“Semua ditentukan oleh bapak-bapak lolos atau tidak, saya minta kalau tidak lolos maka terimalah dengan ikhlas dan legowo bahwa ini hasil yang memang betul-betul sesuai hasil yang dilakukan,” harapnya.

“Jangan sampai sesudahnya saling protes, kalau memang tidak lolos tidak usah dipermasalahkan, yang pasti panitia desa akan mengikuti hasil dari sini dan yang ditetapkan oleh panitia sesuai hasil seleksi dari pemda,” tambah Wabup.

Secara khusus, kepada panitia Wabub mengingatkan agar seleksi betul-betul memberikan penilaian yang objektif dalam menetapkan hasil seleksi ini. “Dilakukannya seleksi ini supaya tidak ada dikemudian hari resistensi di masyarakat,” jelas Wabup Amin Haras.

Adapun Seleksi tambahan bagi Desa Torosiaje Kecamatan Popayato dan Desa Buntulia Tengah Kecamatan Buntulia. Sebab, kedua desa tersebut calonnya lebih dari lima orang. Pelaksanaan seleksi ini adalah follow up dari adanya ketentuan yang mengatur penyelenggaraan pilkades baik Permendagri maupun petunjuk teknis pelaksanannya. (@/gol_hms)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button