HUKRIM

Kodim 1313 Pohuwato Gelar Pembinaan Teritorial Terpadu

Laporan : Pian Hilalingo

MARISA (GOL) – Komando Distrik Militer (Kodim) 1313 Pohuwato menggelar kegiatan Pembinaan Teritorial (Bimter) Terpadu pada Jum’at (22/11/2019). Pada kegiatan yang turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Pohuwato tersebut juga dilaksanakan aksi donor darah oleh anggota TNI dan penyerahan bantuan sosial kepada masyarakat yang kurang mampu.

Komandan Distrik Militer (Dandim) Kodim 1313 Letkol Arm Iron Prasetyo, S.Sos. M.Tr (Han), M.I.Pol., kepada awak media menjelaskan, kegiatan pembinaan teritorial (Bimter) adalah merupakan salah satu kegiatan TNI yang tujuannya adalah mempersiapkan komponen bangsa, ruang, alat dan kondisi yang tangguh.

“Jadi perang kita berbeda dengan negara luar. Konsepnya adalah totali word atau perang semesta dengan melibatkan seluruh komponen,” ujar Iron dan kembali mengatakan bahwa Bimter tersebut dilaksanakan melalui tiga kegiatan yaitu Bakti TNI, komunikasi sosial, dan wanwil.

“Bakti TNI, kami melakukan perbaikan jalan dan membatu pemda dalam hal pembangunan yaitu berupa membangun tempat ibadah dan rumah warga yang tdk mampu. Untuk Komunikasi sosial, yaitu mengkampanyekan atau mengsosialisasikan program-program pemerintah daerah dan tentang bagaimana perekrutan TNI, serta bagaimana mencegah paham radikalisme,” terangnya.

“Sedangkan untuk Wanwil Perlawanan Wilayah kami melatih rakyat, adik-adik pramuka dan melakukan patroli bersama Polisi dan Satpol PP dalam rangka menjaga keamanan daerah,” tambah Iron.

Diakhir penjelasannya Iron menghimbau seluruh masyarakat Pohuwato untuk bersama-sama menjaga keamanan daerah Pohuwato, juga menghimbau kepada generasi muda Pohuwato agar bisa mengendalikan diri, menjauhi miras, panah wayer serta narkoba.

“Untuk pemuda Pohuwato, mari sama-sama kita melakukan hal-hal positif yang bermanfaat untuk masa depan diri, daerah, bangsa dan negara,” harap Iron.

Sementara itu, Bupati Pohuwato Bapak Syarif Mbuinga terkait dengan pelaksanaan Bimter TNI tersebut memberikan apresiasi dan dukungannya.

“Kegiatan Bimter TNI sangat bermanfaat. Pada kegiatan ini Pak Dandim juga menghadirkan para siswa dalam rangka perkenalan TNI, keterpanggilan mereka untuk membangun suatu wawasan yang penting terhadap keamanan dan pertahanan NKRI. Selain itu, aksi donor darah yang dilakukan, juga sangat membantu pihak Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit didalam menyokong ketersediaan stok darah untuk para pasien,” tutur Syarif dan berharap kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan dan terus mendapatkan dukungan dari Forkopimda Pohuwato.

“Kegiatan seperti ini, menciptakan iklim yang harmoni dan baik dalam Forkopimda khususnya dalam hal mendukung pembangunan di Daerah,” kata Syarif. (@/gol_opan)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button