INFO DESA EKSEKUTIF

Pengurus Karang Taruna Jangan Hanya Larut Dalam Kegiatan Seremonial


MALEO (GOL) – Karang Taruna merupakan organisasi yang terstruktur dari pusat hingga Desa. Organisasi karang taruna berbeda dengan organisasi lainnya serta berpedoman pada peraturan pemerintah dan Kementrian Sosial.

Hal ini disampaikan oleh Lion Hidjun ketika mewakili Ketua Karang Taruna Kabupaten Pohuwato, pada kegiatan pelatihan Kepemudaan karang taruna Panua Jaya Desa Maleo Kecamatan Paguat, Sabtu 30 November 2019, bertempat di Ruang Tapat Kantor Desa Maleo.

“Karang taruna itu merupakan organisasi kepemudaan yang terstruktur dari pusat hingga ketingkat desa dan karang taruna berbeda dengan organisasi lainnya,” ujar Lion.

Lion juga mengingatkan, pengurus karang taruna harus tahu dan berperan aktif dengan kegiatan sosial bukan saja pada kegiatan seremonial yang berhubungan dengan olahraga.

“Pengurus karang taruna jangan hanya fokus pada kegiatan olahraga, namun lebih berada pada tugas dan fungsi organisasi sosial seperti mendapatkan data tentang masyarakat yang membutuhkan sentuhan pemerintahan melalui bantuan sosial kemasyarakatan,” jelasnya.

Lion mengungkapkan, anggaran karang taruna desa maleo dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, yakni tahun 2019 dengan anggaran Rp 25.000.000 dan tahun 2020 mendatang pemerintah desa akan menganggarkan Rp 50.000.000.

Dengan anggaran yang cukup besar Lion Hidjun berharap kedepan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk keberlangsungan organisasi.

“Anggaran yang besar jangan hanya habis pada pendanaan kegiatan olahraga, namun bisa di maksimalkan untuk usaha karang taruna agar kedepannya bisa mandiri tanpa harus bergantung pada dana hibah pemerintah,” ujar Lion Hidjun.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menghasilkan output yang maksimal, jangan hanya habis di ruangan,” tambahnya mengakhiri. (@/gol_jundi)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button