POHUWATO EKSEKUTIF

Wabub Hadiri The Indonesian AIDS Conference 2019

BANDUNG (GOL) – The Indonesian AIDS Conference 2019 dengan tema inovasi dan kolaborasi, pemerintah daerah dalam mengakhiri epidemi di tahun 2030 yang berlangsung di El Royal Hotel, Bandung, Jawa Barat, Jum’at, (29/11), turut dihadiri Wakil Bupati Amin Haras yang juga selaku Ketua Harian Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Pohuwato, didampingi Sekretaris KPA Pohuwato, dr Suherman dan Advokat Julia Citra Riski.

Kegiatan yang diikuti kepala daerah, Sekretaris KPA seluruh Indonesia, berlangsung selama 3 hari dari 29 November – 1 Desember 2019.

Dikonfirmasi, Wabup Amin Haras mengatakan, kegiatan ini tujuannya mengharapkan peran dari pemerintah daerah dalam rangka untuk penanggulangan Aids di daerah. Tema ini memiliki maksud dan tujuan bagiamana peran pemerintah daerah, sehingga di 2030 epidemi ataupun laju dari pada perkembangan HIV Aids di daerah dapat ditekan dengan tentu bagaimana melakukan inovasi-inovasi kegiatan atau program di daerah serta kolaborasi dengan berbagai program Pemda terutama bagaimana dukungan dan perhatian pemerintah daerah terhadap KPA yang ada di daerah.

Lebih lanjut kata Wabub, penanganan Aids ini harus dilakukan melalui tiga cara atau pola yakni penyuluhan yang tujuannya untuk upaya pencegahan pada masyarakat. Kemudian menemukan, yakni menemukan masyarakat yang mengidap melalui tes DNA atau melalui pengambilan darah, sehingga ketika ditemukan maka oleh KPA dilakukan kerjasama dengan Dikes untuk pengobatan. Terakhir melalui pencegahan, stigma atau diskriminasi terhadap pengidap Aids.

“Jadi, kita upayakan mereka tidak didiskriminasi tetapi dilakukan upaya pendekatan, supaya mereka disamping diobati juga diharapkan mereka tidak dapat menularkan pada orang lain”,jelas Wabup Amin.

“Intinya adalah bagaimana peran dan perhatian pemda sehingga direncankaan di tahun 2030 epidemi atau mewabahnya ataupun percepatan pertumbuhan dari pada menularnya HIV Aids ini bisa dikendalikan,” tambahnya.

Lanjut Wabup Amin Haras, dilaksanakan kegiatan ini oleh Pemprov Jabar dan KPA, karena pemerintah Jabar melihat begitu cepat akselerasi dari pada penyebaran HIV Aids di seluruh Indonesia, sehingga penting dilaksanakan konferensi ini untuk membangun komitmen seluruh pemerintah daerah untuk dapat berperan bagaimana mengendalikan perkembangan ataupun kecepatan dari pada perkembangan HIV Aids di daerah masing-masing.

Ditambahkan Wabup Amin, penting sekali ini bagi daerah, apalagi di pohuwato bahwa perkembangan dari pada kasus HIV Aids setiap tahun cukup pesat di daerah. Maka ini perlu beroleh perhatian tidak saja pemerintah tetapi seluruh stakeholder di daerah, karena pohuwato dengan daerah yang cukup pesat perkembangannya membawa dampak ikutan antara lain adalah masalah mewabahnya pertambahan dari pada jumlah kasus-kasus HIV Aids yang ada di daerah ini. (@/gol_hms)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button