POHUWATO EKSEKUTIF

Bahas Kemiskinan, Wabub Amin Pimpin Rakor TKPKD

POHUWATO (GOL) – Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) yang berlangsung Kamis, (16/1/2020) di aula baperlitbang dibuka Wakil Bupati Amin Haras didampingi Kepala Baperlitbang, Irfan Saleh.

Dikatakan Wabup Amin Haras bahwa pertemuan ini penting sekali karena berbicara mengenai kemiskinan, karena kemiskinan ini merupakan masalah yang krusial walaupun sudah menurun sekitar tiga digit atau saat ini masih berada di 18 persen lebih.

“Angka ini Insya Allah bisa menurun sampai akhir masa pemerintahan kami,” terang Wabub.

“Maka melalui pertemuan ini perlu terus dimatangkan, cari langkah-langkah untuk bagaimana menangani kemiskinan ini dengan melalui berbagai program yang selama ini telah kita laksanakan,” tambahnya.

Secara khusus, Wabub minta peran dari OPD dan camat untuk sama-sama bisa turun ke lapangan memastikan masyarakat miskin dan yang masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT).

Akurasi data kata Wabub sangat penting, karena bisa saja BDT bertambah terus, artinya seseorang yang tadinya tidak masuk dalam kategori miskin dan tiba-tiba diperjalanan jatuh miskin maka jumlah itu bisa bertambah.

BDT itu kata wabup bukan merupakan pencerminan orang miskin, hanya saja di BDT itu inklut orang miskin.

“Seyogyanya dengan berbagai gebrakan kegiatan dan program ini semestinya tidak bertambah. Fakta di lapangan tidak bisa dipungkiri karena ada juga yang tidak tercover di BDT, misalnya ada yang rumahnya bagus tapi dia tinggal dengan anak karena suaminya sudah tiada. Belum lagi ibu ini tidak punya apa-apa lagi, maka itu berpengaruh pada kemiskinan dan bisa masuk ke BDT,” jelasnya.

“Belum lagi kalau anaknya masih kecil, kemudian tidak ada harta peninggalan dari suami, yang ada hanya rumah yang memang rumahnya bagus karena masih bersama suaminya, dan ketika ditinggalkan suaminya maka yang bersangkutan bisa miskin kembali. Maka ini yang menjadi perhatian kita dan bisa dilihat ke lapangan keadaan dari warga yang ada sehingga bisa dipastikan mana yang benar masuk BDT dan mana yang sudah dipastikan bisa keluar dari BDT ”, tambahnya menutup. (@/gol_hms)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button