POHUWATO EKSEKUTIF

Syarif Mbuinga, Sosok Pemimpin Cepat Tanggap Cegah Penyebaran Virus Covid-19

POHUWATO (GOL) – Menyebarnya virus Corona menjadi ajang pembuktian bagi para pemimpin di Negara ini untuk peduli keselamatan dan kesehatan warganya. Dan salah satunya adalah Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga.

Bupati dua periode ini menjadi salah satu sosok pemimpin yang bergerak cepat untuk melindungi masyarakatnya dari Virus Covid-19 atau corona yang saat ini telah masuk ke wilayah Republik Indonesia.

Berbagai kebijakan pun di ambil secara cepat. Mulai dari mengalihkan pembelejaran dari sekolah ke rumah, mengurangi perjalanan dinas keluar daerah, tapi bagi yang terlanjur keluar daerah di harapkan dapat periksakan diri sebelum kembali ke rumah dan siap-siap di isolasi selama 14 hari, menyiapkan Ruang Isoslasi di RSUD Bumi Paanua, menyiapkan 2 unit Ambulance Khusus untuk Pasien OPD dan PDP virus Covid-19, pemberlakukan bekerja dari rumah bagi ASN, membentuk Gugus tugas yang di tempatkan di perbatasan, hingga melakukan pembatasan keluar masuk kendaraan di perbatasan Gorontalo dan Sulteng.

Tak hanya itu, guna memaksimalkan dan menunjung kerja dari Gugus tugas dan tenaga medis, Syarif tak tanggung-tanggung melakukan pergeseran anggaran untuk membiayai operasional dan insentif mereka.

“Saya hari ini telah menyetujui pergeseran anggaran untuk pencegahan virus Covid-19 atau corona di Kabupaten Pohuwato”, ungkap Syarif Mbuinga saat Konfrensi pers, selasa 24 maret 2020.

Meski telah mengambil berbagai kebijakan cepat tanggap Covid-19 itu, namun Syarif tetap membutuhkan dukungan masyarakat secara umum. Ia menyadari apa yang di lakukan saat ini tidak akan berhasil tanpa dukungan dan peran aktif masyarakat Pohuwato dalam mencegah penularan virus Covid-19 ini.

“Saya menyadari, tanpa disertai kesadaran, kerja sama, dukungan, pemahaman masyarakat maka itu akan sia-sia, insya allah akan selamat kita jika langkah yang di ambil oleh pemerintah ikut di suport oleh masyarakat,” tutur Syarif Mbuinga.

“Keputusan ini hanya bersifat sementara sambil mengikuti melihat perkembangan Terkait dengan permasalahan penanganan kasus virus Covid-19 atau corona,” tutup Syarif Mbuinga.

Berikut kebijakan reaksi cepat dari Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga, sesuai catatan Redaksi Gorontaloonline.info :

1. Minggu, 15 Maret 2020, Kerja Bhakti Polri, TNI dan ASN di Mesjid Agung Baiturahim Pohuwato

2. Minggu,15 Maret 2020, Pukul 23.00 WITA, menerbitkan Surat Edaran Pengalihan Proses belajar mengajar di Sekolah pindah kerumah siswa  SMP, SD, TK, PAUD terhitung mulai tanggal 16 Maret, dengan Pengawasan orang tua, Guru kelas, Kepsek, Korwil dan Diknas.

3. Senin,16 Maret 2020, Rapat Bupati bersama Forkopimda diperluas Rapat Pimpinan OPD perihal antisipasi pencegahan penyebaran virus Covid-19, di Ruang pola kantor Bupati.

4. Senin, 16 Maret 2020, Pukul 11.00 WITA,  Bupati menugaskan OPD Rapat teknis terkait antisipasi pencegahan penyebaran virus  Corona, Rapat dipimpin Sekda Pohuwato.

5. Senin, 16 Maret 2020, Bupati menerbitkan edaran langkah strategis pencegahan penyebaran Covid-19 atau Virus Corona.

6. Selasa, 17 Maret 2020, Wakil Bupati Pohuwato menghadiri Rapat bersama Gubernur Gorontalo dan Forkopimda Provinsi, Bupati Walikota, Kadis Kesehatan, Dirrektur RSUD Provinsi Kabupaten Kota, di Aula Rujab Gubernur.

7. Selasa, 17 Maret 2020, Road Show Bupati ke wilayah Kecamatan melakukan pertemuan dengan para Kapus, Korwil Diknas, Kepsek dan Guru SMP, SD, TK, PAUD, mulai pukul 10.00 Wita s.d pukul 22.00 Wita.

8. Selasa, 17 Maret 2020, Bupati meninjau RSUD Bumi Panua terkait ketersediaan ruangan, APD, dan peralatan khusus calon pasien virus Corona (ODP).

9. Rabu, 18 Maret 2020, Rapat Bupati bersama TAPD, Dikes, RSUD, terkait pergeseran anggaran untuk kebutuhan pengadaan peralatan ruangan, APD, Hand Sanitzer, dan Masker untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19.

10. Rabu, 18 Maret 2020, Bupati menertibkan Surat Keputusan Gugus Tugas pencegahan penyebaran virus Covid-19 atau corona.

11. Rabu, 18 Maret 2020, Bupati menugaskan Gugus Tugas menempati Pos diwilayah perbatasan.

12. Rabu, 18 Maret 2020, Bupati menetapkan Call Center dengan nomor HP 081143007000 di RSUD Bumi Panua dan Dinas Kesehatan

13. Kamis, 19 Maret 2020, Bupati Rapat bersama Investor dan Pelaku Usaha pemilik Hotel, Restoran/Rumah Makan dan Toko se Kabupaten Pohuwato terkait pencegahan penyebaran virus Corona dengan menerapkan pola hidup sehat ditempat masing-masing.

14. Kamis, 19 Maret 2020, Bupati dan Wakil Bupati Rapat bersama Pimpinan OPD di BKPP terkait dengan surat edaran Bupati tentang sistim kerja ASN dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 virus Corona

15. Jumat, 20 Maret 2020, Bupati menetapka. posko pelayanan kesehatan khususnya penjemputan pasien umum lainnya pada Dinas Kesehatan dan RSUD Bumi Panua

16. Jumat, 20 Maret 2020, Bupati memerintahkan Sekda untuk pelaksanaan edaran Gubernur tentang kerja Bhakti dilingkungan perkantoran Pemprov dan Pemkab se Provinsi Gorontalo.

17. Jumat, 20 Maret 2020, Bupati menerbitkan instruksi kepada para Investor, pelaku usaha terkai pencegahan penyebaran Covid-19 virus Corona

18. Sabtu, 21 Maret 2020, Bupati silaturahim dengan Babinsa, Babinkantibmas, ASN Kecamatan, Pemdes dan memantau Gugus Tugas di wilayah perbatasan serta sidak di kantor dan Rudis Camat terkait pelaksanaan PHBS.

19. Selasa, 24 Maret 2020, Bupati bersama Forkopimda mengeluarkan kebijakan pembatasan kenderaan yang keluar masuk perbatasan Gorontalo – Sulteng, terhitung berlakunya sejak tanggal 25 Maret 2020.(@/gol_jundi)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker