EKSEKUTIF

Sosialisasikan Tahapan Pilkada, KPU Sasar Wilayah Prioritas

POHUWATO (GOL) – KPU Pohuwato terus berupaya meningkatkan kualitas dan partisipasi pemilih dengan cara menyebarluaskan informasi kepemiluan & tahapan pemilihan melalui sosialisasi-sosialisasi ke sekolah, organisasi kemahasiswaan, majelis taqlim dan seluruh lapisan masyarakat. Khususnya warga di daerah terpencil yang selama ini minim menerima informasi harus mendapat prioritas sebagai target sasaran sosialisasi.

Mengingat pelaksanaan Pilkada as serentak yang dijadwalkan 9 Desember 2020 ditengah Pandemi covid-19, maka KPU sebagai penyelenggara pilkada, harus mampu menavigasikan tahapan pilkada dengan protokol kesehatan dan mitigasi risiko untuk mengurangi ketakutan orang akan infeksi virus Covid-19.

Tim Sosilialisasi (Komisioner KPU Kabupaten Pohuwato Divisi SDM, Sosialisasi dan Parmas Musmulyadi Hunowu, Divisi Teknis Penyelenggaan, Iskandar Alulu, Divisi Hukum & Pengawasan Haryanto Malik, Kasubag Teknis Yatik Kalil bersama staf) menyambangi Padengo sebagai salah satu wilayah prioritas sasaran pelaksanaan sosialisasi.

Turut hadir seluruh PPK Kec. Dengilo, PPS Desa Padengo, Kepala Desa dan masyarakat Desa Padengo, Jumat(03/07/2020).

“Sosialisasi ke masyarakat terpencil di tengah pandemi merupakan tantangan tersendiri. Kami peyelenggara (KPU) bersama PPK/PPS dengan jargon “KPU Melayani” selalu siap melayani masyarakat dengan kondisi apapun di lapangan”, kata Divisi SDM, Sosialisasi dan Parmas Musmulyadi Hunowu.

Mus mengatakan bahwa daerah terpencil seperti Padengo ini memang harus diprioritaskan untuk mendapatkan informasi yang lengkap mengenai tahapan Pilkada 2020 ini.

“Harapan kami, warga di Padengo tidak ketinggalan informasi dibanding warga di daerah lain yang memang sangat mudah mengakses informasi. Kami perlu prioritaskan untuk didatangi secara khusus daerah-daerah seperti Padengo,” ungkapnya.

Terkait jadwal & pelaksanaan Tahapan, berdarkan pada PKPU 5 Tahun 2020, Divisi Teknis Penyelenggaraan Iskandar Alulu mengatakan, lanjutan Pilkada ditengah pandemi akan ada banyak penyesuaian terhadap hal-hal teknis pelaksanaan kegiatan di lapangan. Namun masyarakat tak perlu khawatir, sebab dalam hal ini KPU sudah berkoordinasi dengan otoritas kesehatan untuk melaksanakan setiap kegiatan tahapan lanjutan dengan tetap memperhatikan (disiplin) protap kesehatan.

“Kita pastikan bahwa seluruh penyelenggara dalam kondisi yang sehat dan tidak terinfeksi virus corona sehingga bisa melakukan tahapan pilkada dengan baik”, tuturnya.

Lanjut dia, seluruh penyelenggara selain dibekali Alat Pelindung Diri (APD) wajib di rapid test. Hal ini merupakan salah satu bentuk kewaspadaan KPU untuk tidak membuat masyarakat khawatir saat penyelenggara pilkada melakukan tahapan seperti yang sedang berlangsung saat ini verifikasi faktual sampai pada 12 Juli kedepan, ataupun pemutakhiran data pemilih nanti.

Pada kesempatan yang sama, komisioner KPU Divisi Hukum Haryanto Malik mengatakan: “Secara politik hukum, UU No. 32 Tahun 2004 membuka kran mekanisme pilkada dilaksanakan secara langsung. Rakyat secara langsung dapat menentukan dan memilih pasangan calon yang dianggap terbaik dalam memperjuangan (daerah) mereka”, jelasnya.

Pada Pilkada nanti walau ditengah pandemi, tingkat partisipasi warga diharapkan meningkat dibanding Pemilihan sebelumnya.

Demi kesuksesan Pemilihan Desember mendatang, diperlukan dukungan & partisipasi aktif dari semua pihak dalam menentukan dan memilih Pemimpin terbaik Bumi Panua Daerah tercinta kita, Pohuwato.

“Peran masyarakat dalam partisipasi aktif memastikan diri, keluarga, dan masyarakat berhak terdaftar dalam DPS/DPT. Jangan sampai pada pelaksanaannya nanti kita tidak menggunakan kesempatan Hak Pilih itu”, tutupnya.

Diakhir acara, selain menyampaikan informasi tahapan Pilkada Pohuwato 2020, Tim sosialisasi KPU Pohuwato juga membagikan bahan-bahan sosialisasi berupa Kipas sebagai souvenir. (@/gol/hms)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker