POHUWATO LEGISLATIF

Pengganti Antar Waktu (PAW) DPRD Pohuwato Akan Segera di Isi

POHUWATO (GOL) – Tiga Penganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kabupaten Pohuwato akan segera menduduki kursi yang di tinggalkan Aleg yang telah mengundurkan diri karena ikut perhelatan pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Ketiga Aleg yang mundur tersebut antara lain, Iwan S. Adam, anggota Fraksi Golkar yang juga Ketua Komisi 2, Hamdi Alamri, Fraksi Golkar, dan Syaiful A. Mbuinga dari Fraksi Gerindra yang notabene Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pohuwato.

Pengisian kekosongan tersebut di sampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten, Nasir Giasi, usai melaksanakan Rapat Paripurna KUA-PPAS tahun anggaran 2021, Senin 19 Oktober 2020, bertempat di kantor DPRD Kabupaten Pohuwato.

Nasir Giasi Mengatakan bahwa ke tiga anggota DPRD tersebut telah mengundurkan sebagai Anggota DPRD karena maju pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang. Seiring dengan itu, Penganti Antar Waktu sudah diajukan ke pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Mereka mengundurkan diri berdasarkan permintaan sendiri dan itu kami sudah ajukan ke pemerintah provinsi dalam hal ini pak Gubernur. Selanjutnya Gubernur telah mengeluarkan surat pemberhentian sebagai Anggota DPRD dan surat pemberhentian itu harus di umumkan lewat rapat Paripurna. Dan tadi sudah di sampaikan oleh pak sekwan untuk pemberhentian tiga Anggota DPRD yang maju dalam pemilihan kepala daerah tersebut”, terang Nasir Giasi.

Nasir menambahkan, untuk pengisian kekosongan alat kelengkapan dewan maka dari Fraksi Golkar telah menetapkan Rizal Pasuma Sebagai ketua komisi 2 mengantikan Iwan S. Adam, dan Akbar Baderan mengantikan Iwan S. Adam sebagai anggota Banggar DPRD. Sementara untuk pengisian kekosongan yang di tinggalkan oleh Syaiful A. Mbuinga masih menunggu surat resmi dari partai Gerindra.

“Untuk mengisi kekosongan supaya alat kelengkapan ini juga bisa berjalan sebagaimana mestinya maka yang di tinggalkan ini ada komisi 2 ketua komisi 2 pak Iwan Adam dan itu adalah alokasi dari pada Partai Golkar yang sudah di sepakati oleh Koalisi. Maka yang menggantikan dari partai Golkar yakni pak Rizal Pasuma, kemudian juga banggar tadinya dua jabatan ini di jabat oleh pak iwan adam sebagai ketua komisi dua yang juga sebagai badan anggaran, ketua komisi 2 ke pak Rizal Pasuma dan badan anggaran itu di gantikan oleh pak Akbar Baderan,” jelasnya.

“Khusus untuk wakil ketua DPRD yang di tinggalkan oleh pak Saiful Mbuinga, kami masih menunggu surat resmi dari mekanisme Partai yang akan di tempuh oleh internal Partai Gerindra. Tapi yang tiga penganti ini itu sudah masuk baik dari Golkar 2 orang dan dari Gerindra 1 orang dan itu sudah kami ajukan prosesnya ke Gubernur, tinggal kita menunggu surat dari Gubernur. Setelah itu kita lakukan usulan pelantikan kepada Gubernur melalui Bupati. Dan itu setelah kami chroscek sudah ada di tingkatan meja Gubernur, tinggal beliau tanda tangani dan itu kami segera lakukan pelantikan untuk wakil ketua dewan itu adalah proses selanjutnya sambil menunggu juga keputusan dari partai Gerindra itu sendiri”, tambahnya.

Sebagaimana diketahui, ketiga Anggota DPRD yang maju di pilkada serentak 9 Desember Mendatang antara lain Iwan S. Adam dari Fraksi Golkar yang mundur dari DPRD dan maju Sebagai Calon Bupati Pohuwato berpasangan dengan Zunaidi Z. Hasan di Usung oleh Partai PKB 4 kursi dan PKS 1 kursi.

Hamdi Alamri dari Fraksi Golkar yang maju Sebagai Calon Bupati dari jalur Independen berpasangan dengan pensiunan ASN Zairin TD Maksud.

Serta Syaiful A. Mbuinga dari Fraksi Gerindra yang maju sebagai calon Bupati Pohuwato bersama Suharsih Igrisa, dengan diusung koalisi besar yang di dukung Oleh total 20 kursi di Parlemen bumi panua. (jundi)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close