POHUWATO EKSEKUTIF

Keren..! Tingkatkan Kapasitas, Anggota BPD di Pohuwato Ikut Diklat

POHUWATO (GOL) – Sebanyak 83 Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-kecamatan Popayato group dan Lemito hasil pemilihan tahun 2020 mengikuti Pendidikan dan Pelatihan. Dibuka Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, didampingi Plt. Kadis PMD, Mohamat R. Laisa, Senin, (12/7/2021), bertempat di Aula kantor Desa Torosiaje Kecamatan Popayato.

Dikatakan Bupati Saipul, diketahui pada tahun 2020 ada 30 Desa se-kabupaten Pohuwato yang telah melaksanakan pengisian keanggotaan BPD. Olehnya dengan kegiatan ini diharapkan dapat diikuti dengan serius dan benar, sebab bertujuan untuk meningkatkan kinerja anggota BPD dalam melaksanakan tugas-tugas dan pengawasan di Desa.

Selanjutnya jelas Bupati Saipul Mbuinga, selain hak BPD yang telah diatur dalam Permendagri Nomor 110 tahun 2016 tentang BPD, maka BPD berhak memperoleh pengembangan kapasitas melalui Diklat, sosialisasi, pembimbingan teknis dan kunjungan lapangan yang dilakukan dalam negeri dan penghargaan dari pemerintah, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota bagi pimpinan dan angota BPD yang berprestasi.

Sebelumnya, Kabid Bina Pemerintahan Desa (Pemdes), Rosma Manisa,S.STP dalam laporannya menambahkan, pelaksanaan pelatihan dilaksanakan 3 cluster yakni cluster 1 Kecamatan Popayato Barat, Popayato, Popayato Timur dan Lemito, cluster 2 Kecamatan Wanggarasi, Randangan, Taluditi dan Patilanggio serta cluster 3 Kecamatan Buntulia, Duhiadaa, Marisa, Paguat dan Dengilo yang diikuti 270 anggota BPD hasil pemilihan tahun 2020.

Kegiatan diawali dengan penandatanganan kerjasama antara Pemda Pohuwato dengan PT. Bank SulutGo Cabang Marisa yang dilakukan Bupati Saipul A. Mbuinga dan Pimpinan Bank SulutGo Cabang Marisa, Hasan Hamid.

Penandatanganan tersebut terkait pembayaran gaji dan pemberian fasilitas kredit konsumtif kepada kades, anggota BPD dan aparat desa.
Juga penyerahan secara simbolis BLT dana desa APBN TA 2021 kepada 65 KPM di desa torosiaje oleh Bupati Saipul Mbuinga yang didampingi camat popayato dan kades torosiaje. (Hms/jundi)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker